Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Minggu, 12 Agustus 2012

Kelas Menulis yang menginspirasi dari Merden

Ananto "Suryaden" in action


Tidak terasa 2 hari (11 s/d 12 Agustus 2012) sudah workshop menulis ini sudah berlangsung di Perpustakaan Jendela Dunia Merden, Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan yang di selenggarakan oleh Perpustakaan Jendela Dunia bekerjasama dengan Komunitas Shakti Urang Jaya Desa Merden ini diikuti oleh sejumlah aktifis pegiat Radio Komunitas, Perangkat Desa, Pelajar dan perseorangan.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan workshop ini adalah untuk membentuk pribadi-pribadi yang handal dalam menulis yang kemudian menjembataninya secara komuniktif  melalui terbentuknya komunitas informasi, mailing list atau apapun nantinya. Menurut Budi Hermato, salah satu pemandu acara ini, menulis di blog merupakan sesuatu yang mudah dan semua orang bisa melakukannya dengan catatan kita harus mau belajar dan belajar, menulis dan menulis.

Ananto Sulistyo atau dipanggil Suryaden kembali menegaskan bahwa "Untuk menjadi seorang blogger sukses, isi (content) blog menjadi sesuatu yg wajib sedangkan tampilan tidak terlalu penting". Oleh karena itulah belajar bagaimana menulis yang baik, harus selalu diasah secara terus menerus. Disamping belajar bagaimana cara menulis yang baik, peserta juga diajari tekhnis dasar membuat dan mengelola sebuah blog. Lebih spesifik Suryaden mengarahkan para peserta  untuk menggunakan fasilitas Blogspot sebagai mesin blognya, karena blogspot terintegrasi dengan google. Selanjutnya Suryaden menuntun para peserta melalui tutorial-tutorialnya agar para peserta bisa menggunakan blog tersebut dengan benar, dan tak lupa memberikannya beberapa trik-trik blogging yang selama ini peserta tidak tahu.

Akhirnya melalui beberapa diskusi dan workshop, para peserta diminta untuk mempraktekkan hasil tulisan yang telah dibuatnya. Dari hasil itu bisa diketahui sejauh mana para peserta bisa menguasai materi-materi yang telah disampaikan oleh para pemandu. Kemudian pemandu mencoba mengevaluasinya satu persatu hasil tulisan itu dan memberikan masukannya agar kedepan bisa membuat tulisan yang lebih baik lagi.

Terimaksih kepada Budi Hermanto dan  Ananto Sulistyo yang telah memberikan banyak sekali pelajaran dan pengalamannya kepada para peserta. Semoga kegiatan ini akan menginspirasi para peserta yang ikut untuk terus dan terus berkarya menyuarakan kebenaran lewat tulisan yang bermutu.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengunjung

free counters

Tayangan