Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Senin, 08 Oktober 2012

Akibat angin kencang, 1 rumah roboh di Desa Merden



Kamis, 4 Oktober 2012 telah terjadi musibah yang menimpa ibu Satinem (72th) warga RT 06 RW 01 Desa Merden Kecamatan Purwanegara. Menurut laporan warga, sekitar pukul 13.30 WIB akibat angin kencang rumah milik ibu Satinem yang hidup sebatang kara roboh rata dengan tanah. Beruntung pada saat kejadian korban sedang tidak berada didalam rumah, sehingga tidak ada korban luka ataupun jiwa. Akibat musibah tersebut korban mengalami kerugian material yang cukup berarti. Disamping kondisi rumah yang rusak berat dan hampir sudah tidak memungkinkan untuk dipakai kembali, beberapa perabotan rumah seperti meja, kursi, tempat tidur, lemari, dan alat-alat dapur juga ikut hancur akibat tertimpa rumah yang roboh tersebut. Setelah dihitung kerugian ditaksir mencapai 10 juta rupiah.
Ibu Satinem bersama anaknya sedang mengumpulkan barang yang masih bisa terpakai

Kemudian beberapa perwakilan pengurus RT, perangkat desa dan Kepala Desa bermusyawarah untuk mengambil langkah-langkah penting agar rumah Ibu Satinem bisa segera diperbaiki kembali. Dengan pertimbangan secara ekonomi, Ibu Satinem yang hidup sebatangkara itu tidak akan mampu untuk melakukannya sendiri. Pertimbangan yang lain, Ibu Satinem saat ini untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari bekerja serabutan sebagai buruh kasar. Kalau sedang musim panen padi beliau rela bekerja seharian memungut gabah-gabah yang sudah tidak diambil oleh pemiliknya (grontong), diluar musim itu beliau lebih banyak hidup di sungai sapi dengan cara mengais pasir atau batu sedikit demi sedikit dikumpulkan untuk kemudian dijual. Padahal saat ini usia beliau sudah cukup lanjut tapi semangat untuk bekerja masih terus dilakukannya. 
Rencananya, rumah Ibu Satinem akan direhab total semi permanen dengan ukuran 5 x 4 meter. Dengan struktur bangunan pondasi, tiang cor  dan plesterisasi. Harapannya agar kedepan rumah tersebut aman untuk dihuni, bersih dan sehat. Pengurus RT siap menggerakan warganya untuk mengumpulkan bambu secara sukarela sesuai kebutuhan, tenaga dan tukang serta kebutuhan konsumsi pelaksanaan kegiatan (Rencana Anggaran kami rinci pada keterangan dibawah)
Kepala Desa telah menginstruksikan kepada kami semua jajaran perangkat desa di wilayah Dusun Merden Tengah untuk segera malakukan tindakan mewujudkan rencana yang telah disepakati bersama ini.

0 comments:

Posting Komentar

 

Pengunjung

free counters

Tayangan