Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Selasa, 06 November 2012

Sebuah Pesan Pendek

From : Imam Prasodjo


Syarat formal dg kelulusan baik merupakan modal awal. Tantangan sebenarnya adalah menegakkan Kejujuran, Keadilan dan Tanggung Jawab dlm melaksanakan tugas. Itulah INTEGRITAS. Namun integritas yg baik juga belum menjadi jaminan akan mendapatkan kepercayaan publik bila tanpa dilengkapi KAPASITAS. Jadi kombinasi antara Integritas dan kapasitas itulah yg akan menjadikan seorang pejabat dpt dipercaya masyarakat. Selamat!


Sent from my iPhone


Sebuah pesan pendek yang sangat berharga dan bermakna yang dikirim oleh seorang tokoh bangsa bernama Imam Prasodjo. Tidak bermaksud memamerkan ataupun menyombongkan, karena menurut saya pesan itu bermakna sangat universal dan mengikat kepada siapapun yang ingin mengabdikan hidupnya berdasarkan nilai-nilai kebenaran.

Saya hanyalah seorang lelaki desa biasa yang selama ini belajar bermimpi tentang kemajuan, kejujuran dan pembangunan yang bermartabat. "Bowo, kamu harus punya mimpi. Mimpi itulah yang akan menuntunmu untuk mewujudkannya kelak", demikian kata beliau suatu ketika. Saya yang selama ini hanya berkutat dalam lingkaran kecil kehidupan desa, terpinggirkan dan nyaris jatuh dalam keterpurukan rasa disuruh belajar bermimpi tentang sebuah gambaran desa yang maju, makmur, bermartabat dan jujur. Sebuah pembelajaran yang sebenarnya sangat sulit untuk di terjemahkan pada diri yang serba terbatas ini. 

Lambat laun saya coba belajar merangkai dan memaknai mimpi-mimpil. Meskipun saya sangat menyadari betapa sederhana dan kecilnya mimpi saya dibanding mimpi beliau yang mencakup sebuah negara. Dan ternyata benar, mimpi yang sederhana dan kecil itu secara tidak langsung telah menuntun langkah dan kehendak saya menuju kenyataan yang saat ini sudah berada di depan mata. Bukan tujuan memang, tapi setidaknya bisa menjadi sebuah pembuktian akan kekuatan mimpi yang selama ini bersemayam dalam angan dan pikiran saya. Mungkin ada sebuah kekhawatiran beliau, mengingat saya dianggap masih terlalu dini. Apalagi kisah-kisah masa lalu yang selama ini membayangi hidup saya. Dan akhirnya "pesan pendek" tersebut terkirim untuk membekali  dan mengawal langkah saya merangkai mimpi-mimpi selanjutnya.

Terimakasih begawan... semoga saya bisa mewujudkan mimpi-mimpi itu selanjutnya untuk kemaslahatan bersama.. (Oktober 2012)


0 comments:

Posting Komentar

 

Pengunjung

free counters

Tayangan